Harga Minyak Bulus Asli dan Perbedaannya dengan yang Palsu

Posted on

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa minyak bulus merupakan salah satu produk yang sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit wajah dan keharmonisan rumah tangga. Oleh karena itu sangat wajar jika pada akhirnya banyak yang mencari produk ini, dan banyak juga yang menjual produk ini. Akan tetapi sebagai konsumen kita harus jeli, karena faktanya banyak penjual nakal yang memasarkan minyak bulus palsu.

Fakta Tentang Minyak Bulus

Jika kita melihat minyak bulus, sekilas penampakannya mirip dengan minyak pada umumnya, namun yang membedakan adalah baunya yang amis. Bau amis ini wajar terdapat pada minyak bulus, ini dikarenakan minyak bulus didapat dari bagian tubuh bulus atau kura-kura air tawar.

Untuk bisa mendapatkan minyak bulus, biasanya dilakukan dengan proses pengolahan secara tradisional, bisa dengan perebusan, penggorengan, ataupun pemanggangan di dalam oven. Tapi karena baunya yang amis, para produsen biasanya ada yang menambahkan minyak lain, seperti minyak kayu putih, gandapura atau yang lainnya.

Cara Membedakan Minyak Bulus Asli dan Palsu

Semakin banyaknya produsen saat ini, maka semakin banyak pula produk minyak bulus yang ditawarkan ke kita. Dan disinilah titik kritis terjadinya pemalsuan minyak bulus. Oleh karena itu sebagai konsumen kita harus cerdas memilih produk yang asli. Lantas, produk minyak bulus yang asli itu seperti apa sih?

Untuk membedakan minyak bulus yang asli dan palsu, pertama kita bisa melihat dari kekentalannya. Minyak bulus yang asli memiliki tekstur yang sangat kental dan amis. Kekentalan dari minyak ini salah satunya disebabkan karena minyak bulus ini mengandung lemak asli dari tubuh hewan bulus. Apabila Anda membeli minyak bulus yang sama sekali tidak berbau amis, maka bisa dipastikan minyak bulus tersebut telah dicampur dengan bahan atau minyak lain.

Setelah melihat kekentalannya, cara kedua untuk membedakan minyak bulus asli dan palsu adalah dengan cara mengendapkan atau mendiamkan minyak bulus selama kurang lebih 7-10 hari di tempat yang tidak terkena cahaya. Apabila minyak bulus menggumpal dan terbentuk endapan di bagian bawah, maka bisa dipastikan itu adalah minyak bulus asli. Ini dikarenakan bagian yang menggumpal tersebut adalah lemak bulus. Sedangkan minyak bulus palsu atau yang tidak murni, berbentuk seperti minyak goreng biasa tanpa endapan apapun.

Dan tips selanjutnya untuk membedakan antara minyak bulus asli dan yang abal-abal adalah dengan melihat dari harganya. Jangan pernah tergoda dengan harga minyak bulus yang murah. Ingatlah bahwa ada harga ada rupa. Anda perlu tau bahwa untuk menghasilkan minyak bulus membutuhkan proses yang tidak mudah dan tidak sebentar, jadi sangat wajar jika harga minyak bulus asli lebih mahal di bandingkan produk minyak lainnya.

Namun tentu saja harga yang mahal tidak bisa sepenuhnya menjamin produk tersebut benar-benar asli. Agar amannya, sebaiknya beli dalam jumlah paling sedikit dulu, jika setelah di cek minya tersebut asli, maka anda bisa melakukan pembelian berikutnya dengan jumlah yang lebih besar.

Sebagaimana yang kita tahu, daya tarik dari minyak bulus ini terdapat pada manfaatnya yang sangat banyak. Terutama untuk kesehatan kulit, maupun kesehatan payudara. Untuk kesehatan kulit misalnya, minyak bulus ini bermanfaat mengatasi jerawat, kulit kusam, serta memperbaiki jaringan kulit yang rusak karena api, melepuh dan karena eksim.

Harga Minyak Bulus Asli

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, harga minyak bulus asli harganya sangat mahal. Untuk ukuran 30 ml saja, ada di kisaran 100-150ribu rupiah.

Nah, itulah di atas cara tips membedakan minyak bulus asli dan palsu serta harga minyak bulus asli. Semoga dengan membaca informasi ini, Anda menjadi konsumen yang cerdas dan terhindar dari tipuan penjual nakal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *